Minggu, 17 November 2024|Jakarta, Indonesia

Optimalkan Data Nasabah, Bank Mandiri Tawarkan Program dan Layanan sesuai Customer Preference

Hariyanto

Selasa, 03 November 2020 - 12:26 WIB

Pelayanan Bank Mandiri
Pelayanan Bank Mandiri
A A A

INDUSTRY co.id - Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. terus berkomitmen menghadirkan layanan terbaik melalui inovasi yang mengintegrasikan beragam perkembangan teknologi dalam melayani dan berkomunikasi dengan nasabah.

Untuk itu, perseroan berinisiatif mengoptimalkan manajemen data nasabah untuk memodifikasi program komunikasi untuk tujuan promosi, agar semakin in line dengan kebutuhan nasabah, daripada keinginan bank.

Senior Vice President Enterprise Data Management Bank Mandiri, Billie Setiawan mengungkapkan, pihaknya telah mengembangkan sebuah sistem analisa data nasabah yang mampu memetakan dan memprediksi apa saja kebutuhan setiap nasabah.

Harapannya, sistem ini dapat meningkatkan kepercayaan dan memberikan customer experience terbaik kepada lebih dari 25 juta nasabah Bank Mandiri.

“Melalui sistem analisa tingkat lanjut (advanced analytic) atas basis data nasabah yang telah kami kembangkan, Bank Mandiri mengindikasikan pendekatan yang lebih bersifat customer - focus dan market - oriented dalam pengelolaan nasabah. Kami lalu memanfaatkan output hasil analisa tingkat lanjut tersebut sebagai dasar untuk melakukan strategi promosi yang lebih personal,” kata Billie dalam keteranganya yang dikutip Thepresidentpost.id, Selasa (3/11/2020).

Dengan kata lain, lanjut Billie, inovasi ini dapat menurunkan resiko nasabah perseroan “diserang” beragam promo, program, dan tawaran produk yang tidak sesuai kebutuhan mereka. Kini, semua bentuk promosi atau komunikasi sejenis lainnya hanya disampaikan berdasarkan kebutuhan nasabah.

“Bank Mandiri tidak ingin menebar spam ke nasabah karena kami sadar hal itu membuat mereka risih. Oleh karenanya, Bank Mandiri menggunakan teknologi machine learning untuk menghadirkan semacam rekomendasi atau collaborative filtering produk apa saja yang cocok ditawarkan ke masing - masing nasabah,” ungkap Billie.

Tidak hanya produk yang ditawarkan, tambahnya, sistem analisa ini bahkan juga mampu merekomendasikan kanal komunikasi yang paling sesuai ketika digunakan dengan beragam nasabah.

Melalui pemilahan ini, Bank Mandiri tak lagi sembarangan menghubungi nasabah melalui aneka kanal komunikasi yang ada seperti SMS, pesan instan via WhatsApp, surel, atau telepon. Sebagai gantinya, komunikasi kepada tiap nasabah hanya dilakukan melalui satu kanal tertentu sesuai hasil analisa preferensi mereka.

“Kini model pendekatan komunikasi gaya baru menggunakan penawaran yang personalize dan analisa tingkat lanjut ini sudah digunakan oleh sebagian unit kerja perseroan,” kata Billie.

Atas penerapan sistem analisa yang lebih inovatif tersebut, Billie mengungkapkan, Bank Mandiri baru - baru ini dianugerahi penghargaan kategori Omni Experience Innovator dalam IDC DX Digital Transformation Awards 2020.

Penghargaan itu diberikan seiring revolusi sistem pelayanan yang telah dilakukan Bank Mandiri sehingga dianggap mampu menjawab segala kebutuhan nasabah secara cepat dan tepat guna.

Billie mengungkapkan, capaian dan inovasi Bank Mandiri tidak akan berhenti di sini. Ke depannya, Bank Mandiri akan terus mengembangkan penggunaan machine learning serta advanced analytics agar bisa meningkatkan kualitas layanan.

“Penerapan teknologi ini juga bukan menjadi tujuan akhir Bank Mandiri, karena perkembangan teknologi informasi terjadi begitu cepat saat ini. Kami akan terus menyesuaikan diri dengan perkembangan yang berlangsung, dan berupaya segera menerapkan teknologi - teknologi baru yang muncul nantinya. Upaya ini dilakukan karena Bank Mandiri tak ingin menjadi pelaku industri yang tergerus jaman lantaran lamban beradaptasi,” tuturnya.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…