Minggu, 29 September 2024|Jakarta, Indonesia

Punya Cadangan Nikel Berlimpah, RI Digadang-gadang Bakal Menang Telak dari Thailand & India Tarik Investasi Tesla

Ridwan

Rabu, 16 Desember 2020 - 15:00 WIB

Tesla (Foto: Forbes.com)
Tesla (Foto: Forbes.com)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Persaingan memperebutkan investasi dari Tesla cukup ketat. Indonesia sedang berlomba dengan Thailand dan India untuk menjadi lokasi pabrik baterai lithium raksasa mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invvestasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto mengatakan, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah berbicara dengan CEO Tesla Elon Musk.

Ia sangat optimistis Indonesia yang nantinya bakal terpilih menjadi lokasi pabrik baterai lithium produsen mobil listrik asal AS tersebut.

"Dengan cadangan nikel yang kita miliki, harusnya bisa menang. Komoditas tambang ini merupakan salah satu bahan baku pembuatan baterai," ujarnya dalam Indonesia Mining Outlook di Jakarta, kemarin. 

Menurut Septian, pemerintah dalam waktu dekat berencana melakukan diskusi teknis dengan Tesla. Jokowi sangat berharap perusahaan mau menanamkan investasinya di sini.

Langkah menarik investasi tersebut tidak mudah. Perusahaan cukup selektif memilih lokasi pabrik. Apalagi tren global saat ini adalah investor harus memperhatikan aspek lingkungan. Hal ini pun sudah diutarakan CEO Telsa, Elon Musk di Inggris dan negara Eropa lainnya.

Deputi Perencanaan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nurul Ichwan mengatakan Musk mau bekerja sama untuk mengembangkan bisnis mobil listrik dan pabrik baterai di Indonesia.

"Dengan catatan, dia tidak mau bekerja sama kalau tidak memperhatikan perlindungan lingkungan," katanya.

Seperti diketahui, baru - baru ini Presiden Joko Widodo telah berdiskusi dengan CEO Tesla, Elon Musk untuk mengajak pionir produsen mobil listrik tersebut untuk berinvestasi di Indonesia.

Kedua belah pihak sendiri membaha industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X.

CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki peluang kerja sama tersebut.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.