Survei Herbalife: Masyarakat Indonesia Paling Percaya Diri dalam Menghadapi Penuaan, Dibanding Negara Lain Di Asia Pasifik
Thepresidentpost.id - Jakarta-Sebagai rangkaian kampanye Get Moving With Good Nutrition(GMGN), Perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition kembali menyelenggarakan e - Wellness Tour dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei “Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020”yang mengungkapkan bagaimana masyarakat memiliki visi yang jelas tentang apa arti penuaan sehat bagi mereka.
Meski, kurang dari tiga dari 10 konsumen yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat, yang diikuti dengan kekhawatiran jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun sebagai kekhawatiran utamanya.
Herbalife Nutrition mengundang Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor(IPB) University, Dr. Rimbawan dan Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari sebagai pembicara. Kehadiran dua ahli dan praktisi kesehatan dalam kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kesehatan dan nutrisi bagi masyarakat sekaligus menindaklanjuti temuan pada survei sebelumnya yang menyatakan bahwa praktisi kesehatan merupakan sumber yang dipercaya 75 persen masyarakat di Asia Pasifik dalam mendapatkan informasi seputar nutrisi dan kesehatan.
Angka ini merupakan angka kepercayaan tertinggi dibandingkan dengan sumber lain seperti media sosial, internet dll. Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menyatakan banyak kekhawatiran tentang penuaan, dan hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua.
Sebagai perusahaan nutrisi, penting bagi kami untuk menyampaikan pesan positif mengenai menjaga kesehatan masyarakat. Berkaca pada hasil survei yang menyatakan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat.
“Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita untuk memberikan informasi yang benar dan berguna bagi publik di saat masyarakat dihantui kekhawatiran terkait apa yang akan mereka alami saat mengalami penuaan. Perlu diinformasikan pula bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk dapat menjalani masa penuaan dengan sehat,” tambah Andam Dewi.
Definisi Menua Dengan Sehat
Saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif. 63 persen menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Sementara 58 persen responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. 49 persen juga menyatakan Tetap aktif dan tajam secara mentaladalah definisi menua dengan sehat.
Hal yang Paling Dikhawatirkan Terkait Penuaan
Responden Indonesia memiliki beberapa perhatian terkait dengan penuaan yang akan mereka jalani. 39 persen menyatakan kekhawatiran utama dalam menjalani penuaan adalah menjadi lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. Dan, 19 persen responden juga mngkhawatirkan perubahan penampilan yang akan terjadi saat mereka menua, selain itu, 15 persen juga menyatakan mereka khawatir akan menjadi beban bagi keluarga saat mereka tua.
Kepercayaan Diri Menghadapi Penuaan
Hanya tiga dari 10 (28 persen) konsumen Asia Pasifik yang menyatakan keyakinan akan kemampuan mereka untuk menua dengan sehat. Konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61 persen), diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), Hong Kong (13 persen) dan Jepang (9 persen).
Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31 persen) dan Milenial (32 persen) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26 persen) dan Generasi Boom+ (24 persen).
Mengatasi Penuaan
Meski demikian, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82persen) telah mengambil langkah - langkah untuk membantu menua dengan sehat.
Langkah - langkah yang dilakukan antara lain:
•73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka•
63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga reguler
•50 persen juga menyatakan telah melakukan aktifitas yang menstimulus kesehatan mental
•46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan
•42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur
"Sebagian besar konsumen/responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat. Namun, dengan kekhawatiran akan penuaan yang konsumen alami, kami melihat kebutuhan yang sangat penting untuk membantu mereka memperkuat kepercayaan diri mereka terhadap kemampuan mereka mengambil tindakan yang tepat. Kami percaya bahwa dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan kebiasaan hidup sehatyang benar dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan yang benar menuju penuaan yang sehat,” tutup Andam Dewi.
Herbalife Nutrition:Herbalife Nutrition merupakan produsen produk nutrisi global yang bertujuan untuk mendorong masyarakat lebih sehat dan bahagia. Sejak 1980, telah menjalankan misi nutrisi untuk mengubah kehidupan masyarakat dengan produk dan program yang baik.
Herbalife Nutrition menawarkan produk berkualitas tinggi yang didukung sains, one - on - one coaching bersama dengan distributor independen serta pendekatan ke komunitas yang mendukung dan mengkampanyekan gaya hidup sehat lebih sehat dan aktif.
Produk nutrisi, pengelolaan berat badan, energi dan kebugaran serta perawatan tubuh tersedia secara eksklusif melalui distributor Herbalife Nutrisi yang berdedikasi di lebih dari 90 negara.
Herbalife Nutrition mendukung Herbalife Nutrition Foundation, sebuah organisasi non profit guna membantu menyediakan nutrisi yang baik kepada anak - anak yang membutuhkan. Herbalife Nutrition juga bangga mensponsori lebih dari 190 atlet, tim dan event di seluruh dunia.
Baca Juga
- Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling
- Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry
- Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024
- Celebrating 65 Years of Indonesia - Cambodia Relations: Indonesian Embassy in Phnom Penh Organizes Roundtable Dialogue
- Electric Cars are Indonesian Automotive Industry’s Future, President Jokowi Says
Komentar