Selasa, 24 Desember 2024|Jakarta, Indonesia

Mitra10 Ke-37 Resmi Beroperasi di Balikpapan

Kormen Barus

Rabu, 11 November 2020 - 14:28 WIB

Ekspansi ini merupakan kali pertama di Pulau Kalimantan sekaligus memperkuat pangsa pasar Mitra10 di Indonesia bagian Timur setelah tahun lalu membuka gerai Mitra10 di Makassar
Ekspansi ini merupakan kali pertama di Pulau Kalimantan sekaligus memperkuat pangsa pasar Mitra10 di Indonesia bagian Timur setelah tahun lalu membuka gerai Mitra10 di Makassar
A A A

Thepresidentpost.id - Balikpapan- Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah menetapkan provinsi Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Pemilihan provinsi tersebut tentu telah memperhatikan berbagai aspek strategis termasuk potensi ekonomi.

Kota Balikpapan di kenal sebagai sentra bisnis di Kalimantan dengan laju pertumbuhan yang tinggi, menurut laporan BPS Kalimantan Timur pada tahun 2019 laju pertumbuhan Kota Balikpapan tercatat tumbuh 4,78%. Potensi Kalimantan Timur dan tren pertumbuhan tersebut dinilai akan terus berkembang sehingga manajemen PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (BEI: “CSAP”) memutuskan untuk melakukan ekspansi Mitra10 ke Bumi Etam, Kalimantan Timur.

CSAP adalah perusahaan distribusi terbesar & terkemuka bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/FMCG, dan pemilik jaringan gerai ritel modern Mitra10 & ritel modern furnitur Atria. Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG), 37 gerai “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement dan 12 gerai “Atria” ritel modern Home Furnishing.

Ekspansi ini merupakan kali pertama di Pulau Kalimantan sekaligus memperkuat pangsa pasar Mitra10 di Indonesia bagian Timur setelah tahun lalu membuka gerai Mitra10 di Makassar. Gerai Balikpapan ditargetkan akan berkontribusi positif pada 2021 mendatang, mengingat baru diresmikan di paruh terakhir kuartal IV - 2020.

Gerai yang diresmikan hari ini merupakan superstore ke - 37 atau gerai ketiga yang dibuka sepanjang tahun 2020, menyusul kota Lombok dan Bekasi. Dengan demikian Perseroan telah membuka 3 dari total rencana 4 pembukaan toko baru Mitra10 sepanjang tahun 2020. Kota Malang akan menjadi target pembukaan Mitra10 pada Desember 2020.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi kota - kota besar di Indonesia yakni: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar dan Balikpapan.

Mitra10 Balikpapan menempati area seluas 6.500 m2 dengan area penjualan seluas 3.000 m2 dan area penyimpanan (Gudang) seluas 2.500m2.  Dengan konsep ritel modern dan suasana berbelanja yang nyaman serta aman layaknya pusat perbelanjaan modern, Mitra10 menawarkan 25.000 jenis barang (stock keeping unit/ SKU) yang 80% lebih merupakan produk lokal buatan dalam negeri.

Gerai pertama di Kalimantan tersebut di dukung oleh 600 lebih sumber pemasok, dan menyediakan produk in house brand andalan Mitra10, seperti Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, dan Fiorano. Beragam produk ini terbagi dalam 13 kategori, mulai dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, instalasi pipa (plumbing), material bangunan, listrik dan lampu, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware), hingga home appliances.

Mitra10 merupakan ritel moden bahan bangunan dengan konsep belanja satu atap yang menyediakan aneka keperluan bahan bangunan termasuk perlengkapan/ peralatan rumah tangga hingga peralatan pertukangan (tools kit)  untuk keperluan renovasi dan berkebun. Sehingga Mitra10 bisa menjadi solusi yang tepat bagi semua pelanggan.

Dengan menyasar pemilik rumah, Mitra10 mengusung aneka penawaran menarik dan spesial disediakan untuk para pelanggan, seperti kompetisi Fun Photo, harga khusus untuk barang - barang tertentu, tambahan diskon khusus untuk para pelanggan pemegang kartu kredit tertentu dan layanan antar gratis (SK berlaku) .

Untuk terus meningkatkan penjualan Mitra10 di tengah pandemi, Perseroan secara terus menerus melakukan inovasi, seperti program pemasaran omni channel. Layanan berbelanja yang mengutamakan kemudahan dan kepuasan pelanggan, yang menghubungkan layanan terintegrasi antara toko offline dan online hingga pelayanan antar barang dan kemudahan cara pembayaran.

Kinerja CSAP & Segmen Ritel Modern pada Triwulan III - 2020

Pada triwulan III - 2020, CSAP berhasil membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp9,1 triliun tumbuh 3,95%. Meski beban pokok pendapatan tercatat naik 2,40% menjadi 7,25 triliun. Kenaikan penjualan yang bersumber dari dua segmen utama penjualan Perseroan yakni segmen distribusi dan ritel modern masih lebih tinggi, sehingga laba kotor berhasil tumbuh 11,64% menjadi Rp1,44 triliun.

Kinerja Perseroan dibayangi oleh pandemi global COVID - 19 yang berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi termasuk di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa strategi ditempuh oleh jajaran direksi untuk mempertahankan kinerja positif pada 2020.

Beberapa strategi yang ditempuh antara lain fokus pada merek sendiri (private/ house brand) untuk meningkatkan profitabilitas selain itu juga memperkuat & monitoring strategi cost management.

Keputusan tersebut berdampak positif kepada kinerja Perseroan, hal ini dapat dilihat pada pertumbuhan laba usaha sebesar 33,94% pada triwulan III - 2020 menjadi sebesar Rp243,21 miliar dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp181,59 miliar.

Begitu pula kinerja laba bersih yang dapat di atribusikan kepada pemilik induk yang tumbuh signifikan 46% menjadi Rp61 miliar dibandingkan tahun lalu sebesar Rp41 miliar.

Strategi agresif untuk ekspansi Mitra10 juga berdampak positif pada Perseroan, dimana penjualan segmen ritel modern mampu tumbuh 8,1% dan berkontribusi sebesar 35% terhadap penjualan konsolidasi CSAP. Adapun segmen distribusi tumbuh 2,2% pada triwulan III - 2020 dan menjadi kontributor utama dengan porsi 65% atas total penjualan perusahaan.

Apabila dilihat berdasarkan area penjualan, area Jawa dan Bali menjadi kontributor utama pendapatan konsolidasi Perseroan (distribusi & ritel), tercatat setidaknya 76% penjualan bersumber dari wilayah tersebut, di peringkat kedua area Sumatera dengan porsi 15% dan selanjut secara berturut - turut, area Sulawesi (5%) dan Kalimantan (4%).

Perseroan meyakini dengan strategi ekspansi yang agresif pada ritel modern akan memberikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi pada pemegang saham CSAP.

Komentar

Berita Lainnya

Business 11 jam yang lalu

Minister of Trade at the Launch of EPIC Sale

Minister of Trade, Budi Santoso together with Coordinating Minister for Economic Affairs, Airlangga Hartarto and Head of the National Food Agency (Bapanas), Arief Prasetyo Adi launched Every Purchase…

Travel 11 jam yang lalu

Launch of Shopping in Indonesia Only (BINA) Discount Program 2024

Coordinating Minister for Economic Affairs, Airlangga Hartarto together with Deputy Minister of Trade, Dyah Roro Esti; Deputy Minister of SMEs, Helvi Moraza; Deputy Minister of Tourism, Ni Luh Puspa;…

Business 12 jam yang lalu

President Subianto Meets with Pakistani PM to Boost Economic, Trade Cooperation

In a bid to reaffirm their commitment to strengthening the longstanding ties between the two nations, President Prabowo Subianto Wednesday (12/18) conducted a bilateral meeting with Prime Minister of…

Travel 14 jam yang lalu

President Prabowo Meets with Indonesian Students of Al-Azhar University

During his state visit to Egypt, President Prabowo Subianto Wednesday (12/18) met with Indonesian students from Al-Azhar University at the Al-Azhar Convention Center in Cairo.

National 18 jam yang lalu

President Prabowo Attends D-8 Summit in Egypt

President Prabowo Subianto on Thursday (12/19) arrived at the New Administrative Capital Presidential Palace, Cairo, Egypt, to attend the 11th Developing Eight (D-8) Summit. The President entered the…