Program Beauty For A Better Life L’oréal Indonesia, Memberdayakan Perempuan untuk Mengatasi Tantangan Dunia Melalui Pelatihan Kecantikan
Thepresidentpost.id - Jakarta - Dalam konferensi pers virtual yang diselenggarakan hari ini, L’Oréal Indonesia memaparkan perkembangan, manfaat, komitmennya untuk masa mendatang, serta kisah dan pengalaman inspiratif dari para Beauty Survivors program Beauty For a Better Life (BFBL) - para perempuan hebat yang bertahan hidup mengalahkan berbagai tantangan hidup dengan mengandalkan keahliannya di dunia kecantikan.
“Di L’Oréal, kami memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia. Hal inilah yang terus menjadi pengingat kami bahwa apapun yang kami lakukan harus memberikan dampak yang berarti. Kami ingin terus membangun masa depan L’Oréal sebagai perusahaan yang berperforma tinggi, berkomitmen, bertanggung jawab, inklusif, dan terus mendukung masyarakat. Kami bukan hanya perusahaan multinasional, tetapi kami adalah perusahaan yang berakar kuat di Indonesia. Oleh karena itu, kami ingin memberikan keahlian dan keterampilan kami kepada komunitas dan memberdayakan wanita untuk memiliki kehidupan yang lebih baik - semangat inilah yang kami bawa dalam nama program ini, Beauty For a Better Life” kata Umesh Phadke, President Director of L’Oréal Indonesia melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (27/10).
Lebih lanjut Umesh menjelaskan bahwa implementasi program Beauty For a Better Life berdasar pada keyakinan bahwa kecantikan dapat membantu mereka yang rentan dan tengah bergelut dalam keadaaan yang sulit, menjadikan mereka merasa dan hidup lebih baik. Program ini menyediakan pelatihan gratis tata rambut dan tata rias profesional yang berkualitas tinggi.
“Bahkan ketika seseorang tengah menghadapi keadaan yang sulit, kami percaya bahwa kecantikan dapat memberikan mereka harapan. Program ini memberikan keahlian dalam bidang kecantikan kepada wanita dari latar belakang kurang beruntung yang kemudian dapat memampukan mereka untuk menggunakan keahlian tersebut dan menjalankan bisnis mereka sendiri. Dengan adanya pelatihan keterampilan ini, kami berharap mereka bisa mendapatkan kembali motivasi, kepercayaan diri dan integrasi profesional dalam posisi mereka di masyarakat,” tambahnya.
Diluncurkan pada tahun 2014, program BFBL L’Oréal Indonesia di selenggarakan bekerja sama dengan mitra NGO yakni Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan CSR Jababeka.
Program ini ditujukan untuk mengedukasi perempuan Indonesia yang tidakmemiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang layak, ataupun yang hidup dalam situasi yang sulit untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui di bidang kecantikan.
Program ini bertujuan memberikan kesempatan kerja bagi para lulusannya, sehingga modul pelatihan program ini pun dirancang untuk beradaptasi dengan budaya dan kecantikan lokal.
Komitmen program ini terbukti krusial mengingat kondisi perempuan kurang beruntung di Indonesia saat ini. Menurut survei Profil Perempuan Indonesia 2019 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan BPS (Badan Pusat Statistik), persentase penduduk perempuan berumur 15 tahun ke atas yang bekerja adalah 49,15 persen, di mana persentase ‘mengurus rumah tangga sebagai kegiatan utama’ adalah 36,67 persen.
“L'Oréal Beauty For a Better Life merupakan kegiatan penting untuk masyarakat, terutama di masa pandemi ini. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) separuh dari penduduk Indonesia merupakan perempuan, dan 50% dari perempuan tersebut berada di usia produktif. Perempuan memiliki potensi tinggi untuk berperan dalam kemajuan ekonomi. Sebagai contoh, 50% Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2014 - 2018 dimiliki perempuan. Sangat disayangkan bahwa tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan hanyalah 51,5%. Komitmen yang dijalankan L'Oréal ini sejalan dengan usaha kami dalam meningkatkan tingkat partisipasi perempuan dalam angkatan kerja yang merupakan target kami dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2024 harusmeningkat ke angka 55%. Program Beauty For a Better Life merupakan solusi bagi perempuan kurang mampu untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Kami menyampaikan apresiasi setinggi - tingginya kepada L'Oréal atas usahanya dalam memberikan program pembekalan di bilang kecantikan. Saya berharap L'Oréal terus berkomitmen dalam memberikan ide - ide inovatif dan menjadi contoh bagi pihak lain untuk bersama - sama mendukung pembangunan bangsa Indonesia, terutama pemberdayaan perempuan,” papar Agustina Erni, Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Program Beauty For a Better Life merupakan bagian dari komitmen L’Oréal untuk memberdayakan ekosistem bisnisnya dengan senantiasa mendukung sejumlah komunitas untuk mendapatkan akses ke pekerjaan.
“Kami terus memantau perkembangan dan manfaat program ini melalui rangkaian survei dan penilaian. Tahun ini, kami bekerja sama dengan lembaga survei independen JAKPAT dalam sebuah survei sosial yang melaporkan: 89% mengakui program BFBL berkontribusi dalam peningkatan tarafkehidupannya; 86% mendapatkan keterampilan baru; 87% mendapatkan pengalaman baru dan kursusyang memuaskan; 71% telah mampu menabung dari penghasilannya; dan 99% dari responden akan merekomendasikan program ini ke kerabat dan keluarga mereka,” kata Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainability Director, L’Oréal Indonesia.
“Kami berkomitmen untuk secara signifikan meningkatkan peran dan dampak positif kami dengan membuka lebih banyak pusat pelatihan di masa depan, untuk membantu melahirkan lebih banyak lagi beauty survivors yang menginspirasi perempuan Indonesia untuk terus maju, menjalani kehidupan yang lebih baik dan bermakna,” tambahnya.
“Pelatihan L’Oréal Beauty For a Better Life bekerjasama dengan PEKKA benar - benar telah mengubah hidup para peserta pelatihan dan alumni. Program ini tidak hanya membantu para peserta dalam aspek ekonomi melalui pengembangan keterampilan dan jaringan, tapi juga telah membantu untuk mempertajam sensitivitas mereka dalam membantu sesama melalui program potong rambut gratis untuk masyarakat kurang mampu. Selain itu, program Beauty For a Better Life membantu mengangkat status PEKKA di mata masyarakat yang mengakui dampak positif yang diberikan PEKKA bagi masyarakat luas melalui rangkaian strategi pelatihan dan peningkatan kemampuan yang kami kembangkan,” ujar Nani Zulminarni, Pendiri & Direktur Yayasan PEKKA.
“Secara lebih luas, kami menggunakan pengalaman dengan program Beauty For a Better Life untuk advokasi kepada pemerintah desa dengan mengusulkan kegiatan - kegiatan ekonomi yang berdampak positif bagi masyakarat desa, terutama kaum perempuan.” tutup Nani Zulminarni.
Program L’Oréal Beauty For a Better Life sekarang mengoperasikan 7 pusat pelatihan di Indonesia, berlokasi di Cianjur, Jababeka, Jakarta, Lombok, Tangerang, Bali dan Pemalang.
Hingga saat ini, program Beauty For a Better Life telah melatih 1.852 partisipan, yang hingga Desember 2019, 75% lulusan program telah sukses membangun karir mereka di bidang tata rias dan tata rambut, seperti bekerja di salon, membuka salon sendiri, atau menjadi MUA (ahli tata rias) panggilan ke rumah.
Baca Juga
- Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling
- Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry
- Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024
- Celebrating 65 Years of Indonesia - Cambodia Relations: Indonesian Embassy in Phnom Penh Organizes Roundtable Dialogue
- Electric Cars are Indonesian Automotive Industry’s Future, President Jokowi Says
Komentar